Rabu, 20 Juni 2012

Kindle Fire Amazon 2012



Setelah iPad berhasil mendominasi pasar dan tablet berbasis Android menguntit di belakangnya untuk "ikutan mencicipi" pasar, kini datang lagi satu tablet Android dari raksasa retail online Amazon. Sekilas, spesifikasi tablet berbasis Android berlayar warna (7 inci, IPS multi-touch, 1024 x 600 pixel, 169 ppi, 16 juta warna) memang tidak terlalu meyakinkan untuk membuatnya menjadi kandidat kuat tablet favorit konsumen. Namun, jika Anda mengetahui harga (USS 199) dan content yang ditawarkan Amazon bagi penggunanya, Kindle Fire menjadi tablet yang sangat menarik.

Alasan Anda Memilih Kindle Fire

Seperti tablet non-iPad lainnya, mari kita bandingkan beberapa aspek Kindle Fire dengan sang raja tablet Apple iPad 2. Hal pertama adalah beberapa nilai plusnya dibandingkan iPad. Harga nya yang hanya US$ 199 (di US) menjadi nllai jual tertinggi Kindle Fire (KF). Bandingkan dengan iPad2 yang lebih mahal sekitar US$ 300-an (model termurah) atau US$ 600-an (model terbaik).
Harga Iebih murah tidak membuat Amazon menyertakan prosesor (SoC) yang murahan padanya. KF dilengkapi dengan SoC Tl OMAP4 dual-core dengan memori 512 MB, Serta layar berjenis IPS (sama dengan iPad). Ukuran layarnya yang hanya 7 inci dengan resolusi 1024 X 600 pixel (sama dengan RIM Playbookl meniadikan layar KF memiliki densitas pixel yang Iebih tinggi dibandingan iPad 2 (169 ppl vs 132 ppi). Tidak sepertl iPad 2, Amazon mengklaim KF memiliki bahan casing khusus yang tahan terhadap goresan dan benturan (30x Iebih kuat dari plastik dan berlayar Gorilla Glass) tetapi tetap ringan (413 gr). Meskipun hanya berbasiskan Android 2.x (bukan 3.0 atau 4.0), KF telah menyertakan UI khusus dan Amazon Silk. Silk adalah browser berbasis Elastic Compute Cloud (EC2) yang menjamin pengguna dapat berselancar Iebih cepat. Analogi kerja browser Silk mirip dengan Opera mini atau fasilitas Opera Turbo pada browser Opera yang mempercepat akses pada koneksi lambat.

Poin terakhir yang terpenting adalah "segudang" content atau Iayanan yang bisa dinikmati penguna KF, seperti Iebih dari 1 juta e-book (Kindle store), 17 juta Iagu (Amazon MP3 store), ratusan ribu film, 10 ribu content TV populer, dan tentu saja games dan apps (aplikasi)

Alasan Tidak Memilih Kindle Fire

Meskipun tidak sepenuhnya bisa dibandingkan dengan iPad2 karena adanya beberapa perbedaan fundamental, KF memiliki beberapa "|imitasi" dari sudut pandang pengguna tertentu. Tablet ini hanya menyediakan koneksi Wi-Fl (tidak ada opsl 36), internal memori 8 GB, tanpa kamera dan microphone, jumlah apps yang di bawah iPad, dan tidak ada koneksi Bluetooth, maps, GPS, serta slot Micro SD. Khusus storage yang terbatas sebenarnya telah diantisipasi Amazon dengan menyediakan layanan gratis cloud storage-nya (untuk content yang dibeli dari Amazon). Kini, terserah Anda. Kata kuncinya adalah fungsi tablet apakah yang menjadi prioritas Anda?

0 komentar:

Posting Komentar